
Selayang Pandang
Kehadiran Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Langsa pada dasarnya bukan semata keinginan dari pimpinan dan sivitas akademika IAIN Langsa, namun atas masukan serta kebutuhan masyarakat juga madrasah/sekolah terhadap tenaga pendidik pada tingkat madrasah ibtidaiyah dan atau sederajat, khususnya di Provinsi Aceh dan umumnya di Indonesia. Sehingga untuk mensikapi hal tersebut, maka diajukan usulan untuk membuka Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di IAIN Langsa.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa dikukuhkan pendiriannya dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 2869 Tahun 2012, dan pada tanggal 28 Desember 2012 operasional Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada FTIK IAIN Langsa dimulai. Tanggal 7 Juli 2013 Program Studi PGMI aktif melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Pengajuan akreditasi pertama sekali dilakukan pada tahun 2016, dan memperoleh nilai 264 dengan predikat C, sesuai dengan Surat Keputusan BAN-PT Nomor: 2976/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016. Untuk itu, maka Program Studi PGMI mengajukan Re-Akreditasi. Hal ini bertujuan untuk peningkatan kualitas Program Studi PGMI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama bagi masyarakat di Kota Langsa, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang.
Sejak awal keberadaanya, Program Studi PGMI merupakan salah satu Program Studi favorit pilihan mahasiswa pada FTIK IAIN Langsa. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah peminat dan mahasiswa yang aktif setiap tahun penerimaan. Program unggulan yang diusung oleh Proram Studi PGMI adalah Tahfidzuk Quran Juz 30. Program ini untuk merespon maraknya sekolah tahfidz di Aceh.
Tidak hanya itu, Alhamdulillah alumni Program Studi PGMI telah terserap pada dunia kerja, mayoritas mereka bekerja sebagai PNS, guru di sekolah-sekolah Tahfidz, dan eunterpreuner baik di tingkat lokal maupun regional. Bahkan selama mereka mengenyam pendidikan, mahasiswa PGMI banyak berkiprah di MI/SD di Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur, dan Kabupaten Aceh Tamiang. Terlebih setelah mereka mengikuti Program PPL, banyak tawaran dari madrasah/sekolah agar mereka kembali mengabdi di madrasah/sekolah lokasi mereka melaksanakan PPL. Kegiatan mahasiswa Program Studi PGMI juga sangat beragam, di samping mereka dilibatkan dalam kegiatan penelitian bersama dosen-dosen PGMI, mereka juga melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara mandiri.
Tahun 2019, untuk pertama kalinya mahasiswa PGMI mengadakan kegiatan “ROAD TO GAMPONG”. Pada saat itu, Gampong Petow, sebuah desa terisolir di wilayah Kabupaten Aceh Timur menjadi sasaran mahasiswa untuk menempa pengalaman mereka dalam bermasyarakat di Desa. Dan kegiatan tersebut berlanjut dengan kegiatan “SAWEU DAYAH” pada tahun 2020. Beragam prestasi telah diukir oleh mahasiswa PGMI, baik pada Pekan Kreativitas Mahasiswa di tingkat lokal, regional, maupun Nasional.
Visi
Menjadi pusat pengembangan ilmu pendidikan dasar Islam MI/SD yang profesional, unggul, dan rahmatan lil’alamin.
Profesional mengandung makna bahwa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah menyelenggarakan tridharma PT sesuai bidang keahlian pendidikan dasar sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten, terampil, dan menguasai teknologi seiring perkembangan zaman.
Unggul bermakna bahwa tata kelola dan layanan akademik Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dilengkapi oleh berbagai fasilitas baik berupa laboratorium yang mendukung mata kuliah pokok, laboratorium komputer, perpustakaan yang representatif, laboratorium microteaching, dan lainnya untuk menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi. Dosen pengajar berasal dari dalam dan luar negeri yang memiliki dedikasi tinggi.
Rahmatan lil’alamin bermakna bahwa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah menyelenggarakan tridharma PT berlandaskan nilai-nilai keislaman sehingga menghasilkan lulusan yang beriman, bertakwa, dan bermanfaat bagi masyarakat dan alam semesta.
Tujuan
- menghasilkan lulusan pendidikan dasar yang memiliki kompetensi akademik, berwawasan luas, dan mahir teknologi berlandaskan nilai-nilai keislaman;
- menghasilkan peneliti yang mampu mengintegrasikan keilmuan dasar berbasis keislaman;
- menghasilkan lulusan yang peduli dan aktif memajukan pendidikan dasar dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat;
- menghasilkan lulusan yang kompeten dan terampil dalam tahsin dan tahfidz Al-quran, kaligrafi, kepramukaan, budaya dan seni Islami sebagai karakteristik PGMI;
- menghasilkan lulusan yang terampil berwirausaha dalam bidang pendidikan dasar.
Strategi Pencapaian
- menanamkan kompetensi guru PGMI yang terampil berliterasi digital berlandaskan nilai-nilai keislaman kepada mahasiswa
- memusatkan pembelajaran pada mahasiswa dan mengembangkan suasana akademik yang berkaitan dengan keilmuan Prodi PGMI
- mengembangkan SDM sesuai perkembangan dan kebutuhan pendidikan
- membimbing mahasiswa PGMI dalam meneliti dan mempublikasikan karya tulis ilmiah yang terintegrasi dengan pendidikan dasar MI/SD berbasis keislaman
- melibatkan mahasiswa dan dosen dalam kepedulian sosial keagamaan serta pendidikan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat
- meningkatkan kompetensi tahsin dan tahfidz Al quran, character building, serta kesenian daerah pada mahasiswa
- membekali mahasiswa kompetensi berwirausaha kreatif dan inovatif secara konvensional dan digital
Tenaga Pengajar
No. |
Nama Lengkap Dosen Tetap* |
NIDN/NIDK |
Tanggal Lahir |
Sertifikat Pendidik (√) |
Jabatan Fungsional |
Gelar Akademik |
Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal PT |
Bidang Keahlian Setiap Jenjang Pendidikan |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
1. |
Dr. Muhaini, M.A. |
2016066801 |
Palembang, 16 Juni 1968 |
√ |
Lektor Kepala |
Doktor |
S1 IAIN Ar Raniry S2 IAIN Ar Raniry S3 UIN Ar Raniry |
S1 Pendidikan Bahasa Inggris S2 Pemikiran Islam S3 Pendidikan Islam |
2. |
Dr. Basri, M.A. |
2014026701 |
14 Februari 1967 |
√ |
Lektor Kepala |
Doktor |
S1 IAIN Ar-Raniry, S2 IAIN Sumatera Utara, S3 UIN Sumatera Utara |
S1 Pendidikan Agama Islam, S2Pendidikan Islam, S3 Pendidikan Islam |
3. |
Dr. Yusaini, M.Pd. |
2010087203 |
Geudong, 10 Agustus 1972 |
√ |
Lektor Kepala (IV/b) |
Doktor |
S1 Universitas Syiah Kuala S2 Universitas Syiah Kuala S3 Universitas Negeri Medan |
S1 Pendidikan Fisika S2 Pendidikan Sains S3 Manajemen Pendidikan |
4. |
Dr. Jelita, M.Pd. |
2005066903 |
Simalungun, 5 Juni 1969 |
√ |
Lektor (III/d) |
Doktor |
S1 Universitas Terbuka Banda Aceh S2 Universitas Negeri Malang S3 Universitas Sumatera Utara |
S1 Pendidikan Kimia S2 Pendidikan Kimia S3 Ilmu Kimia |
5. |
Chery Julida Panjaitan, M.Pd. |
2024078301 |
Asahan, 24 Juli 1983 |
√ |
Lektor (III/d) |
Magister |
S1 Universitas Negeri Medan S2 Universitas Muslim Nusantara |
S1 Pend. Bahasa Indonesia S2 Pend. Bahasa Indonesia |
6. |
Suhelayanti, M.Pd.I. |
20088603 |
Langsa, 08 Agustus 1986 |
Lektor (III/c) |
Magister |
S1 IAIN Langsa S2 UIN Suka Yogyakarta |
S1 Pendidikan Agama Islam S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
|
7. |
Rita Sari, M.Pd. |
2017108201 |
17 Oktober 1982 |
√ |
Lektor (III/d) |
Magister |
S1 Universitas Negeri Medan S2 Universitas Negeri Medan |
S1 Pendidikan Biologi S2 Teknologi Pendidikan |
8. |
Junaidi, M.Pd.I. |
2001108303 |
01 Oktober 1983 |
√ |
Lektor (III/d) |
Magister |
S1 IAIN Langsa S2 UIN Suka Yogyakarta |
S1 Pendiidkan Agama Islam S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
9. |
Nina Rahayu, M.Pd. |
2018078801 |
Langsa, 18 Juli 1988 |
√ |
Lektor (III/d) |
Magister |
S1 Universitas Negeri Medan S2 Universitas Negeri Medan |
S1 Pendidikan Matematika Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Matematika |
10. |
Yustizar, M.Pd.I |
2004047701 |
Langsa, 4 April 1977 |
√ |
Lektor (III/c) |
Magister |
S1 IAIN Langsa S2 UIN Sumatera Utara |
S1 Pendidikan Agama Islam S2 Pendidikan Islam |
11. |
Syamsiah Z., M.Pd.I. |
2024048403 |
Langsa, 24 April 1984 |
√ |
Lektor (III/c) |
Magister |
S1 UIN Sumatera Utara S2 UIN Suka Yogyakarta |
S1 Pendidikan Agama Islam S2 Pendiidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
12.
|
Nuraida, M.Pd. |
2003127201 |
Bireuen, 3 Desember 1972 |
√ |
Lektor (III/d) |
Magister |
S1 IAIN Ar-Raniry S2 Universitas Negeri Surabaya |
S1 Tadris Ilmu Alam Konsentrasi Fisika S2 Sains |
13. |
Raudatul Husna, M.Pd. |
2024118802 |
Langsa, 24 november 1988 |
|
Lektor (III/c) |
Magister |
S1 IAIN Ar-Raniry S2 Universitas Negeri Medan |
S1 Pendidikan matematika S2 Pendidikan matematika |
14. |
Nur Balqis Mutia, M.Pd. |
1321079202 |
Langsa, 21 Juli 1992 |
|
Lektor (III/c) |
Magister |
S1 Universitas Syiah Kuala S2 Universitas Negeri Yogyakarta |
S1 Pendidikan Kimia S2 Pendidikan IPA |
15. |
Rika Restela, M.Pd. |
2015099102 |
Langsa, 19 September 1991 |
|
Lektor (III/c) |
Magister |
S1 Unimed S2 Universitas Pendidikan Indonesia |
S2 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik S2 Pendidikan Tari |
16. |
Muhammad Iqbal, |
2030078701 |
Langsa, 30 Juli 1987 |
|
Asisten Ahli (III/b) |
Magister |
S1 IAIN Langsa S2 UIN Sumatera Utara |
S1 Pendidikan Agama Islam S2 Pendidikan Islam |
17. |
Febriyantika Wulandari, M.Pd. |
2014029204 |
Langsa, 14 Februari 1992 |
|
Asisten Ahli (III/b) |
Magister |
S1 Universitas Negeri Medan S2 Universitas Pendidikan Indonesia |
S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S2 Pendidikan Kewarganegaraan
|
18. |
Siti Habsari Pratiwi, M.Pd. |
2008068801 |
8 Juni 1988 |
√ |
Lektor (III/d) |
Magister |
S1 Universitas Negeri Riau S2 Universitas Muslim Nusantara |
S1 Pendidikan Bahasa Indonesia S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
19. |
Wahyuni, M.Pd. |
2015098801 |
15 September 1988 |
√ |
Lektor (III/d) |
Magister |
S1 Universitas Almuslim, S2 Universitas Negeri Medan |
S1 Pendidikan Matematika, S2 Pendidikan Matematika. |