
Sejarah Singkat
Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN LANGSA Telah 12 tahun berdiri untuk negeri. Dalam masa itu, Prodi TBI terus berkembang menjadi program studi yang sigap dalam Menyikapi perkembangan zaman.
Prodi TBI menempatkan diri sebagai lembaga yang siap menghasilkan lulusan yang berkompetensi dalam bidang pengajaran, penerjemahann dan penelitian bahasa.
Oleh karena itu, prodi TBI menyediakan Kurikulum yang disesuaikan dengan era 4.0 dan juga proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Meski karakter islami tetap ditempa kepada mahasiswa yang akan menjadi lulusan. Hingga prodi tadris bahasa inggris akan mencetak lulusan yang BRIGHT (Brilliant, Religious, Good attitude, High, and Talented)
- Kemampuan menggunakan keterampilan bahasa Inggris dalam bekerja, seperti pengamat pendidikan dan fasilitator profesional maupun pemandu wisata, jasa marketing, dan administrasi umum.
- Kemampuan menerjemah teks Bahasa inggris kedalam bahasa Indonesia maupun sebaliknya baik lisan maupun tulisan.
- Kemampuan mengelola lembaga pendidikan non formal dan mampu menciptakan lapangan kerja dalam bidang pendidikan.
Visi
“Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang Terdepan dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Pengajaran, Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat”.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu kependidikan bahasa arab secara professional;
- Mengembangkan riset di bidang pendidikan Bahasa Arab yang berbasis multimedia guna peningkatan mutu pengajaran Bahasa Arab;
- Meningkatkan peran serta program studi dalam pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab bagi stakeholders dan masyarakat;
- Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Bahasa Arab baik dalam maupun luar negeri;
- Mewujudkan manajemen jurusan/program studi Pendidikan Bahasa Arab yang berbasis akademis dan religius.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, akhlakul karimah, dan keluasan ilmu kependidikan, khususnya dalam bidang pendidikan dasar, dan mampu mengembangkan serta menerapkannya sebagai tenaga profesional dalam kehidupan bermasyarakat;
- Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian ilmiah dalam bidang pendidikan dasar
- Mampu menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar yang berkualitas berdasarkan nilai-nilai ke Islaman;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tambahan dalam bidang kepramukaan, Tahfiz, kaligrafi, dan seni budaya.
Tenaga Pengajar
PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA) | |||||||||
NO | NAMA | TEMPAT / TANGGAL LAHIR | NIP | PANGKAT / GOL | PANGKAT AKADEMIK | NIDN | KUALIFIKASI PENDIDIKAN | BIDANG KEILMUAN | |
1 | Fuji Astuti, MA | Aceh Barat, 23 Februari 1974 | 198402232015032004 | Penata (III/d) | Lektor (III/d) | 2123028401 | S-2 Pengajaran Bahasa Arab | Pengajaran Bahasa Arab | |
2 | M. Fadli, S.Pd.I, M.Pd | Aceh Timur, 20 Februari 1980 | 198002262007101002 | Penata Tingkat I (III/d) | Lektor (III/d) | 2026028001 | S-2 Pendidikan Bahasa Arab | Pendidikan Bahasa Arab | |
3 | Burhanuddin Sihotang, MA | Medan, 05 Januari 1974 | 197405012009011007 | Penata Tingkat I (III/d) | Lektor (III/d) | 2001057402 | S-2 Bahasa Arab | Bahasa Arab | |
4 | Rahmatunnisak, MAg | Aceh Timur, 12 Juni 1992 | 199206122019032017 | Penata Muda Tingkat I (III/b) | Asisten Ahli (III/b) | – | S-2 Pendidikan Bahasa Arab | Bahasa Arab | |
5 | Hatta Sabri, M.Pd | Gayo Lues, 08 November 1985 | 198511082015031002 | Penata Muda Tingkat I (III/b) | Asisten Ahli (III/b) | 2008118501 | S-2 Pendidikan Bahasa Arab | Pendidikan Bahasa Arab | |
6 | Meutia Rahmah, MA | Idi, 29 Mei 1984 | – | – | Lektor (III/d) | 2029058401 | S-2 Pendidikan Bahasa Arab | Bahasa Arab | |
7 | Andhika Jaya Putra,MA | Rantau, 30 Januari 1982 | – | – | Lektor (III/d) | 2030018202 | S-2 Pendidikan Islam | Pendidikan Islam | |
8 | Khairul Amri, S.Pd.I, M.Pd | Peurelak, 18 Agustus 1984 | – | – | Asisten Ahli (III/b) | 2018088402 | S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia | Pendidikan Bahasa Indonesia |