PGMI Mengabdi Untuk Negeri

LP2M IAIN Langsa meluncurkan program pengabdian Masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pengimplementasian platform Merdeka Mengajar bagi komunitas KKG Madrasah Ibtidaiyah Kota Langsa dan Aceh Timur. Program ini merupakan kolaborasi LP2M IAIN Langsa, dosen – dosen PGMI FTIK IAIN Langsa, Kemenag Kota Langsa, Universitas Sains Cut Nyak Dien dan Alumni PGMI FTIK IAIN Langsa.

Dosen-dosen PGMI FTIK IAIN Langsa (Suhelayanti, M.Pd.I dan Syamsiah, Z M.Pd.I) dan Universitas Sains Cit Nyak Dien (Muttaqin, M. Cs dan Irwanda Syahputra, S.T.) menjadi narasumber pada kegiatan ini. Kegiatan ini berlangsung selama 10 hari dari tanggal 7 – 16 September 2023. Pelatihan platform Merdeka Mengajar dilaksanakn di Aula Kemenag Kota Langsa dari tanggal 7 – 9 September 2023, sementara kegiatan pendampingan dilakukan secara daring dari tanggal 10 – 16 September 2023. Kegiatan ini diikuti 23 peserta yang berada dalam KKG (kelompok Kerja Guru) yang mewakili 10 sekolah madrasah yang ada di Kota Langsa dan Aceh Timur.

Ketua panitia, Suhelayanti mengatakan kegiatan ini awalnya diperuntukkan untuk 10 peserta. Mengingat tingginya animo para guru untuk mengikuti kegiatan ini, panitia menambah jumlah peserta dari 10 menjadi 23 peserta. Menurut Suhelayanti, kegiatan ini merupakan salah satu program yang sangat relevan dengan implementasi kurikulum merdeka di madrasah dengan menjembatani guru madrasah ibtidaiyah seperti ketahui bahwa kurikulum Merdeka akan dengan resmi di implementasikan pada tahun 2024.