Rektor IAIN Langsa Lepas Mahasiswa PBA ke UIN Suska Riau 18 Februari 2022

Kota Langsa (Humas) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri, MA melepas 20 mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau di Halaman Biro Rektorat kampus setempat, Jum’at (18/2/22).

Pelepasan mahasiwa ke UIN Suska Riau ini dalam rangka mengikuti Silaturrahmi Mahasiswa Bahasa Arab se-Sumatera ke-9 (SIMBA IX).

6 dari 20 mahasiswa yang berangkat akan mengikuti sejumlah perlombaan yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan SIMBA IX. Adapun perlombaan yang diikuti oleh para mahasiswa yakni Kaligrafi, Pidato Bahasa Arab, Puisi, Ghina’ Araby, Insya’, dan MQK.

Kegiatan ini dijadwalkan mulai dari tanggal 21 hingga 23 Februari 2022.

Dekan FTIK IAIN Langsa Dr. Zainal Abidin, MA yang hadir dalam pelepasan mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti event nasional.

“Tidak hanya silaturrahmi, tapi para mahasiwa juga mendapat kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya dalam event nasional,” ujarnya.

Zainal juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat menjadi input yang baik bagi Prodi serta salah satu ajang dalam mempromosikan lembaga di tingkat nasional.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA dalam sambutannya mengatakan event yang diikuti oleh mahasiswa PBA ini merupakan salah satu bukti bahwa IAIN Langsa dapat bersanding dengan perguruan tinggi lainnya di tingkat nasional.

“Ini menandakan kita kembali bisa bersanding dengan perguruan tinggi lainnya. Jangan hanya memikirkan bagaimana untuk menjadi juara, tapi tampilkan keterampilan dan unjuk kebolehan di tengah-tengah perguruan tinggi lainnya dengan maksimal itu sudah luar biasa,” tandasnya.

Basri juga mengapresiasi pihak Prodi PBA yang telah mengambil langkah cepat dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) karena kegiatan ini termasuk salah satu wadah bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus.

“Ajang silaturrahmi ini dapat dimanfaatkan sebagai saling tukar pengalaman, informasi, ilmu. Kesempatan belajar di luar kampus merupakan bagian dari kurikulum MBKM, dan apresiasi yang tidak terhingga bagi Prodi yang dapat membaca kebutuhan lembaga lebih cepat,” lanjutnya.

Turut hadir dalam pelepasan ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Zainuddin, MA., Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Biro AUAK IAIN Langsa Muhibuddin, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FTIK Dr. Mahyiddin, MA., dan Ketua Prodi PBA Fuji Astuti, MA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *