Mahasiswa Pendidikan Matematika IAIN Langsa Raih juara 3 MQTIK dan juara 2 Fahmil Quran Pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa

Gambar 2 : pemenang fahmil Quran
Gambar 1 : pemenang MKTIQ

Langsa, Dewan Eksekutif Mahasiswa IAIN Langsa mengadakan Kegiatan “Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa” yang diselenggarakan di aula Seuramoe Teuha pada tanggal 04-07 November 2019. Adapun cabang lomba yang diperlombakan yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (TQ), Musabaqah Hifzil Qur’an 5 Jus (HQ5), Musabaqah Khatil Quraan Golongan Mushaf(KQ), Musabaqah Fahmil Quran (FQ), Musabaqah Syarhil Quran (SQ), Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ).Lomba tersebut dapat meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an nur Karim sekaligus meningkatkan intelektual mahasiswa.

Suci ananda, mahasiswi Pendidikan Matematika Semester V mewakili bidang Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (MKTIQ) dan berhasil meraih juara III. “Saya tidak menduga dapat juara 3 pada lomba MKTIQ, karena saya baru dua kali mengikuti lomba karya tulis ilmiah. Judul karya tulis ilmiah saya yaitu “Mesin AIS memerangi hoax berdasarkan anjuran Al-Qur’an”.  Ketika masuk 4 besar dan presentasi, juri mengkritik tentang tidak adanya tafsir yang saya masukkan. Hal tersebut menjadi pengalaman dan pembelajaran. Pertama kali saya mengikuti lomba yang dibuat oleh BPS Aceh tentang bonus demografi, dan belum rezeki. Walaupun tidak mendapat juara, namun saya tidak pernah patah semangat, saya anggap itu proses pembelajaran, dimana kita akan mengalami kegagalan. ” Ujar suci ananda.

Sedangkan Fiqih Syahrizal,  Riska Ananda dan Hanani Az-Zahra. Ketiganya mahasiswa PMA mewakili fakultas Tarbiyah pada cabang Musabaqah Fahmil Quran (FQ) dan berhasil meraih juara III.

“Alhamdulillah kami mendapat juara III atas kerja sama kami. Sebelum ikut lomba itu kami menyisihkan waktu untuk belajar bersama dan mempersiapkan dengan matang. Kami tidak peduli dengan hasil, yang penting usaha kami telah maksimal” ujar fiqih syhrizal, salah satu anggota fahmil ketika diwawancarai. Dengan adanya lomba tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang agama Islam. (Suci Ananda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *