FTIK IAIN Langsa Beri Pelatihan Laboratorium Bagi Guru PAI

Aceh Singkil, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa memberikan pelatihan laboratorium Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi guru PAI Kabupaten Aceh Singkil yang berlangsung di Aula Layanan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten setempat, Selasa (14/12/2021)

Yusuf, S.Ag selaku ketua AGPAI Aceh Singkil mengatakan, kegiatan ini diinsprirasi oleh kegiatan LAB PAI yang dilaksanakan FTIK IAIN Langsa beberapa bulan yang lalu bertempat di Kampus IAIN Langsa yang pernah di ikutinya beserta empat lainnya dari Aceh Singkil. Menurutnya kegiatan LAB PAI yang seperti ini sangat jarang dilaksanakan bagi guru PAI, Sehingga guru PAI kurang mampu mengembangkan kompetensi dibidang yang di gelutinya.

“Oleh karena itu kami menyampaikan terima kasih banyak kepada Bapak Rektor  dan Dekan FTIK IAIN Langsa yang telah memberikan keizinan untuk kegiatan ini, terkhusus kepada ketua Prodi PAI IAIN Langsa yang secara langsung terlibat dalam kegiatan ini,”imbuhnya.           

Sementara itu, Dekan FTIK IAIN Langsa, Dr. Zainal Abidin, S.Pd.I, MA, menyampaikan bahwa Pengelolaan laboratorium PAI di sekolah perlu diperhatikan kualitas, standar, pemanfaatan dan faktor penentu pengelolaan laboratorium PAI secara baik. Pelatihan LAB PAI bertujuan untuk melahirkan keterampilan dan pengalaman mengajar bagi guru PAI dengan media teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), mampu memanfaatkan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara maksimal serta mampu membuat media pembelajaran agama Islam yang menarik, serta mampu mengevaluasi proses pembelajaran di sekolah dan mengembangkannya dengan media Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK.

Sementara itu, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menuturkan,  pelatihan Laboratorium PAI dilaksanakan dalam rangka merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sebagai wadah penggerak keilmuan para guru PAI di satuan Lembaga Pendidikan.

Rektor berharap, melalui kegiatan ini guru PAI menjadi lebih berkompeten dan berkualitas dalam melaksanakan pembelajaran bagi siswa dijenjang Pendidikan Dasar, Menengah dan Atas.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan yang telah diberikan terhadap  IAIN Langsa untuk melaksanakan kegiatan pelatihan ini.

“Semoga kegiatan ini benar-benar dapat meningkatkan kualitas guru PAI yang pada gilirannya menuju pembangunan karakter manusia yang berkreatif dan inovatif,”tandas Rektor.

Dalam kegiatan ini penyajian materi akan disampaikan dan dipandu oleh tutor dan team teaching dengan pola diskusi interaktif akan dilakukan selama penyelenggaraan pelatihan berlangsung, Praktik dan Kerja kelompok untuk pelatihan terhadap materi praktik.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 43 peserta yang berasal dari 4 kabupaten, yaitu Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, dan Kabupaten Aceh Singkil.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni, Bupati Aceh Singkil, yang diwakili oleh Sekda Aceh Singkil, Bapak Drs. Azmi, M.Ap. Selain Rektor IAIN Langsa, Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Asosiasi Guru PAI, Kasi Pendis Islam Kemenag, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Singkil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *