Mahasiswa Prodi PAI FTIK IAIN Langsa laksanakan Safari Ramadhan di Pangkalan Susu

LANGSA – Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa melepas sebanyak 27 mahasiswa Prodi PAI FTIK IAIN Langsa untuk melakukan pengabdian masyarakat Safari Ramadhan di desa pintu air,  Pangkalan Susu, Sumatera Utara, Selasa (12/4/2022).

Ketua Umum HMJ PAI Muhammad Ridho Alam menyampaikan bahwa Kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan kegiatan kedua yang dilaksanakan di luar Aceh,  biasanya kegiatan ini di laksanakan di wilayah langsa dan sekitarnya, namun sejak Ramadhan yang lalu kegiatan difokuskan ke luar Langsa yaitu di Desa Pematang Serai, Langkat Sumatera Utara dan saat ini dilaksanakan di Desa pintu air, pangkalan susu sumatera utara.

Menurut Ketua Prodi PAI Nazliati, M.Ed, pemilihan desa Pintu Air sebagai fokus kegiatan pengabdian dikarenakan permintaan dari masyarakat yang haus akan ilmu agama Islam dan banyak dari anak-anak serta masyarakat setempat yang kurang mampu dalam membaca Al-Quran serta praktik Ibadah. Karenanya kegiatan safari Ramadhan kali ini menampilkan 4 program inti yaitu Bina karakter (BIKAR), kultum subuh, Festival Anak Shaleh dan Buka Puasa bersama. Safari Ramadhan ini direncanakan akan berlangsung selama lima hari, mulai 12 – 17 April 2022 di Desa Pintu Air, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Kegiatan pelepasan mahasiswa Prodi PAI yang dilepas langsung oleh Dekan FTIK IAIN Langsa, Dr. Zainal Abidin, MA dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Zulfitri, MA, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Mahyiddin, MA, Ketua Prodi PAI, Nazliati, M.Ed, Dosen PAI, Nani Endrisanti, MA, dan Panitia Pelaksana yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) FTIK IAIN Langsa.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa sangat mendukung dan mengharapkan kegiatan ini akan terus dilaksanakan mengingat fungsi mahasiswa tidak hanya berada di dalam kampus, namun juga harus mampu mengembangkan sayapnya menggunakan ilmu dan skillnya dalam membantu membina generasi muda kedepan mengingat Karakter merupakan hal yang sangat mendasar untuk dapat menciptakan generasi yang berkualitas dan unggul. 

Dekan juga mengharapkan agar kegiatan ini nantinya dapat dihitung sebagai angka kredit untuk mata kuliah praktik Lapangan PPL atau KPM. Di akhir acara pelepasan, Dekan FTIK mengharapkan mahasiswa yang melakukan pengabdian dapat menjadi tauladan dan mampu menjaga nama baik FTIK serta menjadi icon dalam mempromosikan IAIN Langsa terutama FTIK dan Khususnya Prodi PAI. (JN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *